Tuesday 3 May 2011

info soal demam berdarah

tahun lalu bulan juli, anakku 2 orang langsung masuk rumah sakit karena demam berdarah. ga nyangka banget karena sptnya sudah di jaga dengan lotion nyamuk namun tetep kena.
sedihhh banget karena mereka umurnya msih 3 tahun dan 2 tahun.
gejala awalnya panas langsung tinggi 38 derajat, nafsu makan turun, mata sembab, diberi parasetamol turun sebentar trus naik lagi panasnya.
untuk cek darah biar ga bolak balik karena akan sangat menyakitkan anak kalau di ambil darahnya, minta cek darah lengkap termasuk cek untuk demam berdarah.
anakku yang pertama sampai 3 kali cek darah, pertama cek darah biasa dgn trombosit 100 rb an dan ada positif types...cek darah dilakukan pas hari kedua panas, hari ketiga panasnya tetap tinggi trus tiba2 keluar keringat dingin ...ibu2 jangan seneng dulu ini tanda anak sembuh...SALAH..itu masa tapal kuda yg posisi ter drop dari kondisi fisik anak..kalau begini langsung saja bawa kerumah sakit kalau ga percaya buat cek darah lagi trombositnya berapa, hanya saja inget anak sudah kehilangan cairan banyak dan juga ga ada makanan yg masuk.
kalau ga liat bintik merahnya coba cek seluruh badan, bintik merah kecil sekecil apapun harus dicurigai, kalau mau liha tlebih bbanyak bintik merah harus pake tes torque...namanya asing tapi sebenernya tesnya cuman tangan diikat spt mau cari pembuluh darah untuk ambil darah, tangan yg diikat ketat menimbulkan bintik2 merah itu kepermukaan.
jaga jangan sampai bintik merah keluar dipermukaan kulit karena itu tandanya pendarahan yang lebih parah pendarahan bisa juga diorgan dalam dan ini yg bisanya menimbulkan kematian pd penderita DBD.
untuk meningkatkan daya tahan tubuh kami nyoba kasi sari kurma yg lumayan bisa meningkatkan trombosit.
mengenai jus jambu merah? bagus juga namun sebenernya ga cuman jus jambu merah yg penting cairan bisa masuk ke tubuh sudah membantu penurunan panas.
ada makanan yg dipantang ga? asal yg ga bikin gatel ya hajar aja yg paling disuka karena kan lidahnya pahit banget jd apayg mereka mau y kasi aja yg plg bikin slera y kasi saja...itu saran dari spA lhoooo

No comments:

Post a Comment