Friday 23 January 2009

epidural

melahirkan itu sakit... beneran ini ga boong, tanya aja sama yg pernah melahirkan dan merasakan mulesnya perut.
inget banget pas lahiran anak pertama, sampe teriak2 saking ga tahannya....sakitnya beneran tidak tertahankan, megang sesuatu atau nyubit orang ga ngaruh banget, lha yang ngrasain sakit kan badan kita sendiri.
tau sakit koq keukeuh hamil lagi...? ya iya lah, memang sakit tapi bukan tidak tak terlupakan, karena seperti seumangat ibu2 lainnya, sakitnya kan bentar, pas anak lahir bahagianya tak terkira.
mau lahiran anak kedua udah lebih rajin dan pinter cari info...soal melahirkan tanpa rasa sakit, normal lagi...siapa sih yang ga mau!
karena hypnotheraphi yg banyak dibilang orang atau artis ngetop membuat kita lupa rasa sakit belum nge-hit di medan jadi ya cari jalan lain deh, salah satunya epidural

Epidural digimanain sih??? saat udah kontraksi awal dan rasa sakit mulai muncul, tulang punggung kita disuntik sama dokter anestesi, lumayan ribet juga karena perut sakit harus pindah posisi tidur ke duduk.
tapi tetep worthed koq karena ga lama dari itu dari panggul sd kaki terasa kebas dan berat sampai ga bisa menggerakan kaki sendiri. rasa sakit yang bikin aku teriak2 pas lahiran anak pertama ga lagi aku rasakan, yg kerasa cuman pengen pipis dan pengen BAB sbg tanda2 kelahiran sudah dekat.
vagina dan anus tidak merasakan dampak anestesi karena dari situlah diketahui saat lahiran.
jadinya ya lebih enak dan bisa santai meskipun ada biaya lebih yang harus dibayar.

mungkin lain orang lain akibatnnya, cuman buat aku epidural sudah sangat membantu proses kelahiran anak kedua. Kalau mau nyoba harus konsultasi dokter dulu ya daripada nanti efeknya negatif buat ibu dan bayi...kan gawat.

pesennya disini sih, jangan takut lagi melahirkan, banyak cara untuk melahirkan ga pake sakit...asal kita teliti kondisi tubuh, kontrol teratur ke dokter...aku yakin semua wanita bisa ...

No comments:

Post a Comment